Sabtu, 13 April 2013

BIODEGRADASI



Biodegradasi yaitu pemecahan cemaran organik oleh aktivitas mikroba yang melibatkan serangkaian reaksi enzimatik. Umumnya terjadi karena senyawa tersebut dimanfaatan sebagai sumber makanan (substrat). Biodegradasi yang lengkap disebut juga sebagai mineralisasi, dengan produk akhirnya berupa karbondioksida dan air.  Proses ini dipakai dalam pengolahan limbah untuk menjadi CO2 dan air.Ko-metabolisma (co-metabolism) yaitu kemampuan mikroba dalam mengoksidasi atau metabolisasi suatu senyawa tetapi energi yang dihasilkan tidak dapat digunakan sebagai sumber energi untuk pertumbuhan.
Biodegradasi adalah proses dimana bahan organik yang dirobohkan oleh enzim dihasilkan oleh organisme hidup. Bahan organik dapat direndahkan dengan cara memberikan udara, dengan oksigen, atau tidak dengan udara, tanpa oksigen. Sebuah istilah yang terkait dengan biodegradasi adalah biomineralisasi, yang dalam hal ini organik diubah menjadi mineral. Biosurfactant, sebuah sel luar yang tersembunyi oleh mahluk yg kecil dapat meningkatkan proses biodegradasi.
Pembentukan Biodegradasi umumnya adalah masalah bahan organik seperti tanaman dan binatang dan hal lainnya yang berasal dari zat hidup organisme, atau bahan buatan yang serupa cukup untuk tanaman dan hewan hal untuk diletakkan untuk digunakan oleh mikroorganisme. Beberapa mikroorganisme memiliki mengherankan, terjadi secara alami, Microbial catabolic keanekaragaman untuk menurunkan, transform atau menumpuk banyak berbagai komposisi termasuk hidrokarbon (misalnya minyak), polychlorinated biphenyls (PCBs), polyaromatic hidrokarbon (PAHs), bahan farmasi, radionuclides dan logam. Utama dalam metodologi pemecahan Mikroba biodegradasi telah mengaktifkan rinci genomic, metagenomic, proteomic, dan lainnya bioinformatic tinggi throughput analisis lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya relevan microorganisme memberikan wawasan ke dalam jalur utama biodegradative dan kemampuan mikroorganisme untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi lingkungan.
http://cintailah-bumi.blogspot.com/2009/01/biodegradasi.html

5 komentar:

  1. Biodegradasi yaitu pemecahan cemaran organik oleh aktivitas mikroba yang melibatkan serangkaian reaksi enzimatik. Umumnya terjadi karena senyawa tersebut dimanfaatan sebagai sumber makanan (substrat). Biodegradasi yang lengkap disebut juga sebagai mineralisasi, dengan produk akhirnya berupa karbondioksida dan air. Proses ini dipakai dalam pengolahan limbah untuk menjadi CO2 dan air.
    diatas telah dijelaskan tentang biodegradasi lengkap yang menghasilkan produk akhir yaitu CO2 dan Air, sedikit sama dengan pembakaran yang juga menghasilkan CO2 dan Air.
    nah, sekarang pertanyaannya: bagaimana cara kita sebagai Ahli kimia memandang ini, "menghasilkan Air dan O2 dalam setiap Biodegradasi"
    aneh ya pertanyaan saya?
    ini bisa dijawab kok,
    tolong dianalisa ya?
    terimakasih!

    BalasHapus
  2. baiklah,, kalau menurut saya tidak semua proses biodegradasi menghasilkan CO2 dan air, tapi kalau dalam proses pengolahan limbah baru akan menghasilkan CO2 dan air.
    hal demikian merupakan kemampuan mikroba dalam mengoksidasi atau metabolisasi suatu senyawa tetapi energi yang dihasilkan tidak dapat digunakan sebagai sumber energi untuk pertumbuhan.

    BalasHapus
  3. baiklah, jawaban saya tidak jauh berbeda dengan saudari cici, menurut sumber tidak semua proses biodegradasi menghasilkan CO2 dan air. Biodegradasi atau penguraian bahan (senyawa) organik oleh mikroorganisme dapat terjadi bila terjadi transformasi struktur sehingga terjadi perubahan integritas molekuler. Proses ini berupa rangkaian reaksi kimia enzimatik atau biokimia yang mutlak memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangbiakan mikroorganisme.

    BalasHapus
  4. Memang beberapa biodegradasi senyawa organik menghasilkan air dan karbon di oksida, hal ini dilakukan oleh mikroorganisme yang mengurai limbah dan sampah yang berbahaya atau bersifat racun agar menjadi produk yang berguna bagi makhluk hidup lainnya, dan memang CO2 dan air sangat di butuhkan organisme lain,,,,

    BalasHapus
  5. dari contoh reaksi ini biodegra limbah plastik
    • Nitrifikasi

    2NH4+ + 3O2 nitrosomonas 2NO2- + 4H2O + 4H+ + Sel baru

    2NO2- + O2 nitrobakter 2NO3- + Sel baru


    • Denitrifikasi

    NO3- + BOD pseudomonas N2 + CO2 + H2O + OH- + Sel baru

    denitrifikasi hasil akhirnya dpat dilihat,,, menurut saya biodegradasi membutuhkan oksigen untuk mikrobanya proses pembakaran,,, kelebihannya menggunakan organisme dalam prosesnya,,,
    saia bingung ttg kata pembakaran,, pembakaran apa yang anda maksud..?

    BalasHapus